Main Menu


Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML() expected to be a reference, value given in /home/tmkmac35/public_html/libraries/joomla/cache/handler/callback.php on line 99
Sejarah Singkat PDF Print E-mail
Written by Admin   
Monday, 31 August 2009 03:40

Yayasan TMKM didirikan oleh Bapak Eman Sumitra, bermula dari kepedulian beliau terhadap anak-anak lulusan SMA yang masih menganggur. Kemudian tahun 1989 beliau mendirikan tempat kursus elektronika gratis di Kp. Sukasenang, Ds Cikampek Utara dengan peralatan sederhana dan anehnya tempat belajarnya belum terjangkau oleh jaringan listrik. Kemudian tempat kursus tersebut pindah di Kp Karajan, Ds Pangulah Selatan, biar gampang dan nyaman bagi pencari kerja lulusan SMA yang ingin belajar elektronika audio video tingkat service dan reparasi.

Tahun 1990, menyelenggarakan pendidikan ketrampilan elektronika dengan nama SKET (Studi Ketrampilan Elektronika Terpadu). SKET memproses ijin ke Depnaker (DIKLUMAS) Pendidikan Luar Sekolah yang diselenggarakan masyarakat, sampai tahun 1992. Hebatnya, walaupun ijin belum keluar secara difenitif, SKET setiap tahun: 1)menghasilkan tenaga terampil elektronika audio video, 2) Melayani PSG (Pendidikan Sistem Ganda) dari sekolah kejuruan rata-rata 30 siswa dan 3) Menyalurkan alumni bekerja di perusahaan elektronika.

Untuk melegalkan semua kegiatan dan atas saran Disnaker, maka dibentuk sebuah Badan Hukum berbentuk Yayasan, yang diberi nama Yayasan Tri Mitra Karya Mandiri

Dengan bimbingan Disnaker Kab. Karawang sejak tahun 1994, Yayasan TMKM menyelenggarakan pendidikan Non Formal, Pendidikan dan Latihan Kerja sekaligus berdiri BKK (Bursa Kerja Khusus) untuk para siswa LPK.

Dengan adanya kebutuhan pasar kerja bergeser sesuai dengan perkembangan teknologi, kebutuhan tenaga Professional Ahli Madya/Diploma Tiga terus meningkat, maka pada tanggal 5 Desember 1999, Yayasan TMKM mengembangkan pendidikan mendirikan Perguruan Tinggi POLITEKNIK (Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 174/D/O/2001), secara definitive diresmikan tanggal 26 Oktober 2001, dengan Program Studi Administrasi Bisnis, Akuntansi, Teknik Komputer dan Teknik Elektronika.

Pada tanggal 5 Desember 2003 menetapkan berdirinya SMK Tri Mitra dengan Program Keahlian Administrasi. Perkantoran, Teknik Komputer Jaringan dan Elektronika Audio Video, yang lulusannya diharapkan dapat diserap dunia industri/perusahaan.

Meskipun kondisi Tri Mitra Karya Mandiri, masih sederhana dengan lingkungan kampus yang jelek, jalan masuk kampus yang penuh kerikil, berdebu dan becek di musim hujan, namun syukur Alhamdulillah :

* LPK TMKM, yang memperoleh ijin dari Departemen Tenaga Kerja/Dinas tenaga Kerja dapat melaksanakan misinya, memberikan suplemen dan komplemen pendidikan, kepada lulusan SLTA dan siswa SLTA kelas III, tercatat peserta didik sampai dengan lima tahun terakhir mencapai 560 orang.

* BKK TMKM, sampai akhir tahun 2005 tercatat 2.571 tenaga kerja yang dapat dilayani, pendaftaran, layanan informasi dan penyaluran tenaga kerja.

* SMK Tri Mitra, pada waktu PSG/Prakerin mendapat respon positif dari industri tempat mereka praktek, dan tahun ini termasuk salah satu sekolah yang menerima bantuan untuk meningkatkan kualitas SDM-nya melalui Program School Grant dari Dinas Pendidikan/Departeman Pendidikan Nasional serta telah meluluskan sebanyak 19 siswa Program Keahlian Adm. Perkantoran.

* Politeknik TMKM, lulusan angkatan pertama sebanyak 78 orang dan semuanya telah bekerja, dan lulusan angkatan kedua sebanyak 48 orang, 90% telah menempati lapangan kerja.

* Sesuai dengan misinya setiap tahun Politeknik TMKM memberikan kesempatan kepada peserta didik yang kurang mampu, yatim piatu dan berprestasi untuk memperoleh beasiswa, begitu juga dengan SMK Tri Mitra, juga ada program Orang Tua Asuh.

* Politeknik TMKM merupakan salah satu dari 54 Politeknik se-Indonesia, yang diundang oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi untuk mengikuti Sosialisasi Word Trading Organization (WTO) Bidang Jasa Pendidikan, yaitu untuk mempersiapkan pelayanan jasa pendidikan tinggi Politeknik terhadap Negara-negara anggota WTO yaitu Amerika Serikat, Australia, Cina, New Zealand, jepang dan Korea.

Sejak awal berdirinya Politeknik TMKM telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi. Sehingga dalam penyusunan kurikulum jauh lebih leluasa dalam penentuan muatan materi kurikulum yang berkualitas dan up todate. Politeknik TMKM merupakan lembaga pendidikan profesional, sehingga dalam menyelenggarkan perkuliahan 40% teori dan 60% praktek/praktikum, dengan demikian mahasiswa Politeknik TMKM dibekali teori dan praktek yang dapat digunakan dan diterapkan dalam dunia kerja. Politeknik TMKM bertekad tidak hanya menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik yang bisa dijadikan contoh secara nasional, tapi juga menghasilkan lulusan yang bermasa depan baik.

Sampai saat ini Kampus Politeknik TMKM telah beberapa kali mendapat bantuan dari Pemerintah melalui fasilitas Bantuan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Beasiswa Mahasiswa (BBM) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) serta Bantuan untuk Mahasiswa Tidak mampu. Dengan adanya fasilitas Beasiswa tersebut telah banyak memberikan manfaat kepada para mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi untuk dapat terus melanjutkan pendidikannya di Politeknik TMKM.

Dalam rangka visi dan misi Politeknik TMKM dalam Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, telah beberapa kali melakukan penelitian survey di tingkat Sekolah Menengah Atas untuk mengetahui motivasi lulusan Sekolah Menengah Atas, selain itu telah beberapa kali dipercaya pihak ketiga untuk melakukan kerjasama dalam hal pembuatan program-program aplikasi Informatika Teknologi dan melakukan pelatihan-pelatihan IT di tingkat instansi pemerintahan dan perusahaan.

Selain itu juga menyelenggarakan seminar dan workshop serta kontes bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, mahasiswa dan kalayak umum, yang semua itu dengan satu tujuan agar keberadaan Kampus Politeknik TMKM dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan diakui keberadaaannya serta sekaligus mengamalkan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI.

Demikian sekelumit tentang Tri Mitra Karya Mandiri yang sudah dicapai sampai saat ini

 

Last Updated on Monday, 31 August 2009 03:44